Minggu, 28 Agustus 2016

Zucchini Kaya Nutrisi Dan Manfaat

zucchini
Zucchini adalah salah satu jenis sayuran dari Italia. Bentuknya mirip mentimun hijau dengan tekstur mirip terung, empuk, renyah dan berair. Maka dari itu banyak yang salah mengira bahwa sayuran yang satu ini adalah mentimun atau terong. Sayuran ini rasanya sedikit manis dan banyak mengandung air. Biasanya diolah bersama kulitnya. Memiliki biji yang halus di bagian tengahnya. Ada yang besar, bentuk dan ukurannya mirip mentimun hijau, ada juga yang kecil seperti mentimun kecil. Bunga zucchini juga renyah dan manis karena itu sering diolah sebagai campuran salad atau digoreng dengan adonan tepung.
Di Indonesia, sayur ini menjadi salah satu tambahan jenis produksi pertanian, terutama untuk bisnis sayuran eksklusif. Sayangnya, bibit zucchini ini masih diimpor dari luar negeri dan peredarannya belum banyak dan merata di pasaran.
Sayuran ini baru bisa kita temui di restoran, hotel-hotel terkemuka, dan beberapa pasar swalayan saja. Tapi di beberapa pasar tradisional juga sudah ada namun sangat jarang. Di Indonesia, petani yang menanam zuccini belum begitu banyak, hanya di daerah pertanian tertentu saja. Misalnya, di Jawa Barat, di daerah pertanian Cikole Lembang, Cipanas, dan Cianjur.
Zucchini juga memiliki manfaat dan nutrisi yang tidak kalah dengan sayuran yang lain berikut ulasannya:
Di dalam 100 g zucchini mengandung : Kalori (Energi) 27,00 kal; Karbohidrat 1,20 g; Protein 1,00 g; Lemak 0,10 g; Hidrat Arang 0,80 g; Kalsium (Ca) 22 Mg; Posfor (P) 44,00 Mg; Kalium (K) 360 Mg; Natrium (Na) 1 Mg; Magnesium (Mg) 10 Mg; Besi (Fe) 0,8 Mg; Vitamin A 1600 SI; Vitamin B1 0,16 mg; Vitamin B2 0, 25 mg; Vitamin C 9 mg; Niacin 0,6 mg; Air 91,4%.
Manfaat zuchinni untuk kesehatan:
1. Menurunkan kolesterol
Manfaat zucchini yang pertaman adalah untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Serat membantu bersama asam yang diproduksi oleh hati membantu mencerna lemak dalam tubuh. Kolesterol lebih banyak digunakan untuk memproduksi asam sehingga kadarnya dalam tubuh berkurang.
2. Mencegah kanker
kandunfan serat yang tinggi dalam zucchini membantu mencegah karsinogen turun di usus besar, dan karena itu membantu gerakan usus yang sehat. Selain itu, Vitamin A, C dan asam folat, yang merupakan anti oksidator kuat hadir dalam zucchini, menghancurkan karsinogen yang dapat menyebabkan berbagai jenis kanker ganas.
3. Membantu untuk menghindari serangan jantung dan stroke
Satu cangkir zucchini mengandung sekitar 10% dari kebutuhan harian magnesium yang direkomendasikan, juga membantu mengurangi kemungkinan serangan jantung dan stroke. Hal ini juga mengandung asam folat, vitamin yang menundukkan homosistein fatal, mencegah penyakit jantung dan trombosis, yaitu pembekuan darah.
4. Menurunkan tekanan darah
Manfaat zucchini selanjutnya adalah kemampuannya membantu menurunkan tekanan darah berkat kandungan kalium yang hadir bersama magnesium dalam zucchini. Oleh karena itu, kmengkonsumsi zucchini secara teratur sangat ideal untuk mereka yang menderita hipertensi, atau tekanan darah tinggi. Hal ini juga dapat membantu mencegah arteriosklerosis, suatu kondisi di mana pembuluh darah mengalami pengerasan karena tekanan darah yang terlalu tinggi.
5. Membantu menyembuhkan asma
Vitamin C ditemukan dalam zucchini, adalah antioksidan kuat dan memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu untuk menyembuhkan asma.
6. Penuh dengan nutrisi
Zucchini memiliki kandungan air yang sangat tinggi (95%), sejumlah lutein lutein yang baik untuk mata. Hal ini juga mengandung vitamin B6, riboflavin dan nutrisi mangan yang memiliki fungsi penting untuk tubuh manusia.
7. Rendah kalori
Manfaat zucchini sangat besar terutama bagi Anda yang sedang membatasu asupan kalori. Zucchini memiliki konten rendah kalori sangat berguna bagi yang sedang menjalankan program diet.
8. Mengandung beta-karoten
Unsur lain yang sangat penting bahwa zucchini mengandung beta-karoten. Vitamin ini terletak di kulit dan bagian lain sehingga untuk mendapatkan asupan yang maksimal, kulit zucchini tidak boleh dikupas sebelum memasak. Namun kebersihan tetap harus diprioritaskan sehingga pastikan Anda sudah mencuci zucchini hingga bersih.
Jadi, masukkan zucchini dalam makanan sehari-hari Anda untuk meningkatkan kesehatan dan nutrisi Anda secara keseluruhan.
Untuk anda yang tidak mau repot ke pasar? Kini Kami memberikan fasilitas pelayanan yang terbaik untuk mendukung Anda belanja online dengan aman, nyaman dan terpercaya. Cukup dengan kunjungi web resmi kami http://www.pasarinduk.id/ menyediakan bermacam-macam sayur mayur, buah-buahan, bumbu rempah, lauk pauk,dan sembako. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar