Selasa, 16 Agustus 2016

Tips Menjaga Kesegaran Kemangi

Daun Kemangi

Kemangi adalah tumbuhan tahunan yang tumbuh tegak dengan cabang yang banyak. tanaman ini tingginya dapat mencapai 100 cm. Ciri daun kemangi adalah daunnya panjang, tegak, berbentuk taji atau bulat telur, berwarna hijau muda dan berbau harum, ujung daun bisa tumpul atau bisa juga tajam, panjangnya mencapai 5 cm. permukaan bergerigi atau juga rata.

Kemangi memiliki rasa dan aroma yang khas. Rasa dan aroma tersebut membuat daun ini banyak digunakan sebagai bumbu bagi pepes. sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng.

Walaupun lezat, ukuran daun kemangi yang kecil dan tipis membuatnya mudah layu setelah dipetik. Tentu rasa daun kemangi menjadi tidak sedap jika telah layu, karena itu, Anda memerlukan tips agar daun kemangi tetap segar walaupun telah disimpan berhari-hari.

Penyimpanan yang benar akan membuat kemangi tetap segar, sehingga Anda dapat menikmati rasa segar daun kemangi selama mungkin. Berikut tips agar kemangi tetap segar :

1. Biasanya membeli daun kemangi tidak bisa sedikit tetapi harus satu ikat, sehingga ada kemangi yang terpakai dan ada yang tersisa. Sehingga sisa yang tidak
dipakai perlu disimpan.
2. Menyimpan daun kemangi agar tahan lama bisa dilakukan dengan menyimpannya dalam
lemari pendingin dengan cara pilih dan petik daun kemangi yang segar,
kemudian masukkan ke dalam kantung plastik. Beri lubang pada beberapa bagian kantung
dan masukkan ke dalam lad di bawah freezer.
3. Alternatif lainnya adalah menyimpan daun kemangi dengan batangnya tanpa dipetik daunnya yaitu, rendam batang daun kemangi dalam gelas atau wadah berisi air, lalu bungkus daunnya dengan plastik.Dengan cara ini daun kemangi akan tetap segar dan tidak layu sampai satu minggu.

Demikian beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam menyimpan sayuran agar lebih awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Untuk anda yang tidak mau repot ke pasar? Kini Kami memberikan fasilitas pelayanan yang terbaik untuk mendukung Anda belanja online dengan aman, nyaman dan terpercaya. Cukup dengan kunjungi web resmi kami http://www.pasarinduk.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar