Jumat, 26 Agustus 2016

Si Merah Kaya Nutrisi dan Manfaat

Radish Merah

Radish merupakan lobak jenis luar negeri yang sudah mulai diusahakan di Indonesia. Ukurannya cukup mungil, dan warna kulit luarnya bervariasi dari merah, kuning, hitam, atau campuran merah dan putih. Bentuk umbinya bervariasi dari bundar, sedang dan panjang.
Radish biasanya dimakan mentah  sebagai campuran salad, tumisan, asinan atau isi sup. Aroma yang khas dengan rasa yang unik membuat masakan terasa berbeda jika ditambahkan radish.  Jika Anda membuat saus cocolan, sedikit parutan umbi radish bisa menjadi bahan tambahan agar citarasa saus lebih segar. Pilih radish yang masih muda agar tekstur rasanya renyah dan tidak terlalu getir rasanya.
Selain di manfaatkan sebagai olahan masakan, radish juga kaya akan nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan.
Dalam per 100 gr Radish memiliki : Energi 16 kcal; Karbohidrat 3.40 g; Sugars 1.86 g; Serat 1.6 g; Lemak 0.10 g; Protein 0.68 g; Thiamine (Vit. B1) 0.012 mg (1%); Riboflavin (Vit. B2) 0.039 mg (3%); Niacin (Vit. B3) 0.254 mg (2%); Pantothenic acid (B5) 0.165 mg (3%); Vitamin B6 0.071 mg (5%); Folate (Vit. B9) 25 μg (6%); Vitamin C 14.8 mg (25%); Calcium 25 mg (3%); Iron 0.34 mg (3%); Magnesium 10 mg (3%); Phosphorus 20 mg (3%); Potassium 233 mg (5%); Zinc 0.28 mg (3%).
Manfaat radish :
  1. Mengobati penyakit kuning
Lobak sangat baik untuk lambung dan hati. Ini adalah detoxifier yang kuat dan pemurni darah dengan menghilangkan limbah dan racun dari dalam tubuh. Radish merah dikenal untuk menghilangkan bilirubin dari tubuh yang merupakan penyebab utama dari penyakit kuning. Kehadiran bilirubin penyebab gejala penyakit kuning dapat dihilangkan dengan meningkatkan asupan Radish merah. Hancurnya sel darah merah selama penyakit kuning juga akan dihambat oleh kekuatan Radish merah.
  1. Pendingin Makanan
Radish merah dikenal sebagai makanan pendingin alami. Rasa tajam dari Radish  dianggap sangat efektif dalam menurunkan kelebihan panas dalam tubuh. Dalam ilmu kedokteran timur, penggunaan Radish merah dalam makanan disarankan untuk mencegah tubuh dari efek panas selama musim panas.
  1. Bagus Untuk Sakit Tenggorokan
Rasa tajam Radish dapat menghilangkan lendir berlebih yang terbentuk selama batuk dan pilek. Bila dikonsumsi mentah, Radish merah dapat membantu melawan gejala sakit tenggorokan, sinus dan pilek.
  1. Melancarkan Pencernaan
Radish mengandung komponen tertentu yang pandai dalam membersihkan sistem pencernaan. Ini adalah pembersih alami yang membantu meningkatkan proses metabolisme, menjaga Anda tetap energik sepanjang hari. Pembersih alami khusus dari Radish merah akan memecah racun stagnan dan makanan yang telah dibangun selama beberapa waktu dalam tubuh sehingga mereka dapat dengan mudah dikeluarkan.
  1. Meningkatkan Imunitas
Meskipun semua vaksin tidak selalu dapat mencegah tubuh Anda dari serangan infeksi virus dan bakteri. Namun, imunisasi tubuh dari dalam dengan mengkonsumsi nutrisi penting tentu dapat menjaga dari infeksi. Radish merah kaya akan vitamin C dan konsumsi secara rutin dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk melawan infeksi virus.
  1. Pembersih Racun
Terapis Ayurvedic dan pakar kesehatan tradisional dari timur selalu mengandalkan Radish untuk menghilangkan racun berbahaya dari tubuh. Bila dikonsumsi Radish merah akan menciptakan jenis khusus dari efek pembersihan racun dan menghilangkan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan.
  1. Perlindungan Terhadap Kanker
Radish merah sarat dengan vitamin, serat, mineral dan fitonutrien yang melindungi tubuh Anda dari radikal bebas penyebab kanker.
  1. Meredakan Gangguan Pencernaan
Radish memberikan efek menenangkan pada sistem pencernaan dan membebaskan Anda dari gejala gangguan pencernaan seperti kembung dan gas. Sekali lagi, Anda harus mengkonsumsi Radish merah dalam jumlah terbatas atau efeknya akan terbalik.
  1. Tinggi Nutrisi, Rendah Kalori
Radish merah sarat dengan banyak nutrisi penting dan memberikan tubuh Anda dengan banyak serat. Di sisi lain, Radish merah juga sangat rendah kalori sehingga Anda tidak perlu was-was kelebihan kalori ketika mengkonsumsinya. Satu cangkir Radish merah hanya mengandung 15 sampai 20 kalori.
  1. Tinggi Kandungan Air
Radish merah memiliki kandungan air yang tinggi dan dikemas dengan banyak seng, fosfor dan vitamin C yang baik untuk jaringan Anda. Kandungan air yang tinggi membuat tubuh Anda terhidrasi, membuat Anda tampak segar dan energik, bahkan pada hari yang panjang dan panas.
Jadi, masukkan Radish merah dalam makanan sehari-hari Anda untuk meningkatkan kesehatan dan nutrisi Anda secara keseluruhan.
Untuk anda yang tidak mau repot ke pasar? Kini Kami memberikan fasilitas pelayanan yang terbaik untuk mendukung Anda belanja online dengan aman, nyaman dan terpercaya. Cukup dengan kunjungi web resmi kami http://www.pasarinduk.id/ menyediakan bermacam-macam sayur mayur, buah-buahan, bumbu rempah, lauk pauk,dan sembako.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar