Selasa, 23 Agustus 2016

Apa Itu Kyuri/Timun Jepang ?

Timun Jepang atau Kyuri merupakan salah satu jenis sayuran Jepang yang mulai banyak dibudidayakan di dataran tinggi Jawa Barat seperti Cianjur dan Lembang Bandung. Jika dilihat dari tanamannya, Timun Jepang juga sama seperti tanaman timun lainnya yang mampu tumbuh secara maksimal pada ketinggian antara 200-400 meter dari permukaan tanah. Bentuk tanaman ini merupakan tanaman yang menjalar atau memanjat dengan ketinggian bisa mencapai lebih dari 2 meter. Bentuk buahnya lebih lonjong dari buah timun lokal dan warnanya pun lebih hijau pekat.

Perbedaan antara timun lokal dengan timun jepang yaitu timun lokal lebih terasa segar dengan sedikit rasa pahit di ujung buahnya, Timun Jepang cenderung memiliki rasa manis segar dan lebih renyah. Rasanya yang renyah dan manis inilah yang menyebabkan bahan makanan yang satu ini sering kali digunakan sebagai bahan wajib pada beberapa masakan. Selain itu harga jual timun jepang (kyuri) lebih tinggi dibanding timun lokal.

Timun Jepang biasa digunakan sebagai acar atau dibuat asinan. Nutrisi yang terkandung dalam Kyuri juga cukup lengkap meliputi Vitamin A dengan jumlah yang cukup banyak pada kulitnya, Vitamin B dan Vitamin C. Selain itu Timun Jepang juga mengandung air cukup banyak, sehingga sangat efektif digunakan untuk menyembuhkan dehidrasi.

Manfaat lain yang terkandung dalam Kyuri, antara lain :

1. Mampu merawat kulit : Kyuri memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C, serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika menjadikan Kyuri bagian penting dalam perawatan kulit.
2. Menjaga kesehatan sendi : Dalam Kyuri, terkandung silika yang dapat mempromosikan kesehatan sendi dengan memperkuat jaringan ikat.
3. Membantu mencerna protein : Kyuri mengandung enzim erepsin yang membantu dalam pencernaan protein. Pada dasarnya, Kyuri memiliki khasiat yang sama dengan sayuran mentimun lainnya, oleh karena itu tidak ada ruginya jika Anda mengkonsumsi timun Jepang ini.
Demikian manfaat dan nutrisi yang terkandung pada timun jepang (kyuri), semoga bermanfaat bagi pembaca.
Untuk anda yang tidak mau repot ke pasar? Kini Kami memberikan fasilitas pelayanan yang terbaik untuk mendukung Anda belanja online dengan aman, nyaman dan terpercaya. Cukup dengan kunjungi web resmi kamihttp://www.pasarinduk.id/
menyediakan bermacam-macam sayur mayur, buah-buahan, bumbu rempah, lauk pauk,dan sembako.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar