Kamis, 25 Agustus 2016

Si Ungu Punya Segudang Manfaat

Kol Ungu
Kol ungu memang belum banyak yang mengonsumsi sayur yang satu ini, sebenarnya kol ungu memiliki khasiat dan nutrisi yang sangat banyak.Namun untuk mendapatkan manfaat yang terbaik, makan campuran mentah kol ungu misal dibuat salad atau dimasak sebentar. Ketika Anda memasak kol ungu, hindari perebusan terlalu lama, karena air akan menguras nutrisi dari sayur-sayuran. Menumis kol ungu merupakan hal baik untuk sebagian besar hidangan.

Kol ungu mengandung Vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan, dalam kol ungu standarnya dalam 1 porsi tunggal kol ungu mentah mengandung sekitar 20 persen untuk vitamin A. Hal ini juga mengandung sekitar 80 persen untuk vitamin C pada 50,7 IU per 1 cangkir penyajian. Vitamin dan mineral lainnya dalam 1 cangkir penyajian yang tinggi adalah kandungan folat dan vitamin K, 40 miligram kalsium, 14 miligram magnesium, dan 216 miligram kalium.

Meskipun tak sepopuler kol putih, kol ungu banyak dipakai untuk membuat salad, sup, asinan dan campuran olahan daging. Selain renyah enak, kol ungu ini punya sejumlah khasiat hebat, antara lain:

1. Mencegah osteoporosis
Sayuran bertekstur renyah, termasuk kol ungu, mengandung kalsium. Kalsium adalah nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sejak muda, biasakan untuk mengkonsumsi makanan tinggi kalsium, untuk mencegah osteoporosis ketika berusia lanjut.
2. Cegah penuaan dini
Kol merah menyimpan vitamin C tinggi, yang berfungsi sebagai antioksidan antioksidan. Karena itu rutin makan kol ungu baik bagi kesehatan kulit. Dengan antioksidan, tanda-tanda penuaan dini juga bisa dicegah. Vitamin E yang terdapat dalam kol ungu juga membantu tingkatkan imunitas tubuh.
3. Baik untuk mata
Vitamin A juga jadi salah satu kandungan kol ungu,ungu yang mampu menjaga kesehatan mata. Selain itu kol ungu mengandung pelembab alami yang mencegah kulit dari kekeringan dan kusam.
4. Cegah kanker
Peneliti menemukan bahwa kol  mengandung anthocyanin yang punya banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan tersebut mampu mencegah penyakit kanker. Kol ungu juga sumber dari indole, yang berfungsimenurunkan resiko kanker payudara.
5. Diet
Kol ungu cocok bagi anda yang sedang diet, karena hanya mengandung 33 kalori.
6. Baik untuk otak
Kol ungu juga tinggi akan kandungan vitamin K dan antosianin yang bermanfaat bagi kesehatan mental dan meningkatkan konsentrasi. Selain itu, sayuran ungu ini dapat mencegah kerusakan saraf, menurunkan risiko Alzheimer dan demensia.
7. Membantu detoksifikasi tubuh
Vitamin C dapat menghilangkan racun (radikal bebas dan asam urat) dan kol ungu banyak mengandung vitamin C.
8. Meringankan sakit kepala
Sering mengalami sakit kepala, coba dengan menggunakan kol ungu. Caranya minum jus kol ungu setiap hari, juga membantu meringankan sakit kepala.

Jadi ayo mulai sekarang konsumsi sayur yang satu ini. Demikian ulasan mengenai manfaat dan nutrisi kol ungu semoga bermanfaat bagi pembaca.

Untuk anda yang tidak mau repot ke pasar? Kini Kami memberikan fasilitas pelayanan yang terbaik untuk mendukung Anda belanja online dengan aman, nyaman dan terpercaya. Cukup dengan kunjungi web resmi kami http://www.pasarinduk.id/  menyediakan bermacam-macam sayur mayur, buah-buahan, bumbu rempah, lauk pauk,dan sembako.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar