Jumat, 19 Agustus 2016

Nutrisi Dan Manfaat Cabai

Pasar Sayur Murah
Cabe Merah Besar

Apa jadinya ya kalau selama seminggu di Indonesia tidak ada cabai? Nggak kebayang deh kalau makan tanpa sambal, pasti ada yang kurang dan tidak mantap. Contoh nyata, ketika harga cabai naik, kehebohan yang terjadi tidak ada habis-habisnya dan banyak disorot televisi dan media massa. Ini adalah salah satu bukti kalau orang Indonesia sepertinya tidak bisa hidup tanpa cabai. Bahkan pemerintah sampai mengimpor dari negara tetangga agar harga cabai turun dan masyarakat tidak bergejolak.
Kalau diperhatikan, menu yang disediakan di warung makan, restoran, dan warung tenda yang bermunculan di malam hari juga banyak didominasi makanan pedas. Dan nyatanya, hampir semua rumah makan yang menawarkan menu pedas selalu dibanjiri penikmat kuliner. Bahkan restoran yang menyediakan menu dari luar negeri terkadang menyisipkan rasa pedas agar pengunjung punya banyak pilihan.
Selain di sukai cabai juga memiliki nutrisi dan manfaat tidak kalah dengan sayuran yang lain. Kandungan gizi yang didapat dari penelitian pada 100 gram cabai:
Pada setiap 100 gram cabai terdapat kandungan protein sebanya 1 gram, karbohidrat sebanyak 7,3 gram, kalori sebanyak 31 Cl, kandungan lemak sebanyak 29 miligram, kandungan kalsium sebanyak 29 miligram, kandungan serat 0,3 gram, kandungan fosfor sebanyak 24 gram, zat besi sebanyak 0.5 miligram, niacin sebanyak 0.2 miligram, Vit. A sebanyak 470 SI, Vit. B1 sebanyak 0,05 miligram, Vit. B2 sebanyak 0,03 miligram dan Vit. C sebanyak 18 miligram.
Lalu kemudian apa saja sih manfaat dan khasiat cabai bagi kesehatan tubuh kita selain manjadi kuliner primadona, berikut ini beberapa manfaatnya:
1. Mencagah penyakit kanker, hal ini dikarenakan cabai mengandung senyawa kimia capsaicin dan lasparaginase yang berfungsi untuk menghasilkan zat anti kanker pada tubuh kita.
2. Sebagai antioksidan, antioksidan pada tubuh kita bermanfaat untuk melindungi tubuh kita dari radikal bebas.
3. Untuk memelihara kesehatan mata, vitamin A yang ada pada cabai bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Sehingga pandangan akan tetap tajam dan jelas.
4. Untuk menurunkan suhu badan, khasiat ini didapat dengan memanfaatkan daun cabai.
5. Untuk Mencegah stroke, penyakit stroke terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah dan darah beku pada otak. Nah cabai ini bermafaat sekali untuk memperlancar peredaran darah.
6. Sebagai sumber energi, dari kandungan karbohidrat pada cabai membantu untuk memasok kebutuhan sumber energi untuk tubuh kita.
7. Membangkitkan nafsu makan, rasa pedas cabai dapat menambah kenikmatan suatu masakan, sehingga dapat meningkatkan rasa ingin makan anda.
8. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi akan barmanfaat untuk mencegah strok, anti kanker dan menyehatkan kulit.
9. Kandungan B1 pada cabai bermanfaat untuk mencegah penyakit beri-beri, untuk merubah karbohidrat menjadi energi, memaksimalkan sistem kerja otak.
10. Kandungan B2 bermanfaat untuk turut membantu dalam proses produksi energi dalam tubuh, dapat mengurangi stress, meminimalisir perkembangan sel kanker, untuk menjaga kesehatan mata.
Jadi bagi anda yang suka makan cabai beruntung sekali ya setelah mengetahui cabai memiliki berbagai nutrisi dan manfaat. Tapi perlu diingat bahwa sesuatu yang berlebihan tidak baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar