Rabu, 21 September 2016

Dulu Dijuluki Makanan Golongan Bawah, Kini Genjer Terkenal Karna Kaya Manfaat

Genjer
Genjer (dibaca gènjèr) atau paku rawan adalah sejenis tumbuhan rawa yang banyak dijumpai di sawah atau perairan dangkal. Biasanya ditemukan bersama-sama dengan eceng gondok. Genjer dulu adalah sumber sayuran "orang miskin", yang dimakan orang desa apabila tidak ada sayuran lain yang dapat dipanen.
Kini genjer tidak lagi identik dikonsumsi masyarakat golongan bawah, tetapi ia mulai merambah di beberapa restoran-restoran elit. Selain rasanya yang lezat, tumbuhan ini ternyata kaya unsur gizi. Dari beberapa penelitian ilmiah menyebutkan, daun tanaman yang konon berasal dari Amerika ini juga sangat baik untuk saluran pencernaan manusia karena memiliki kandungan serat yang reltif tinggi.
Daun dan bunga genjer mengandung kardenolin, di samping itu daunnya juga mengandung flavonoida dan polifenol. Dalam setiap 100 g genjer mengandung energi 39 kkal, protein 1,7 g, karbohidrat 7,7 g, kalsium 62 mg, fosfor 33 mg dan zat besi 2.1 mg. Sayuran ini juga kaya akan serat yang baik untuk menjaga saluran sistem pencernaan.
Berikut Beberapa Uraian Manfaat Genjer:
1.       Meremajakan sel-sel tubuh
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa genjer ini memiliki begitu banyak kandungan protein. Dan protein itu sendiri dapat berfungsi sebagai alat bantu dalam memproduksi sel-sel yang terdapat di dalam tubuh kita. Tubuh kita ini selalu memproduksi begitu banyak sel setiap harinya agar dapat mengganti sel-sel yang sudah tidak berfungsi lagi. Dan protein inilah yang dapat membantu dalam memproduksi sel-sel baru tersebut di dalam tubuh kita.
2.       Cadangan energi di dalam tubuh
Genjer memiliki kandungan lemak yang dapat berperan sebagai cadangan energi di dalam tubuh kita.
3.       Mampu memperkuat tulang
Berdasarkan data yang telah tertera di atas, kita dapat melihat bahwa genjer memiliki kandungan kalsium yang dapat berperan penting dalam pertumbuhan tulang bagi anak-anak dan dapat memperkuat tulang dan mengurangi resiko terkena penyakit osteoporosis bagi orang dewasa khususnya yang sudah lanjut usia.
4.       Dapat mencegah kanker kolon dan sembelit
Kanker kolon biasanya akan terjadi dikarenakan pola makan yang kurang baik dan dapat pula berdampak pada ketidaklancaran dalam pencernaan. Nah, genjer mengandung serat yang tinggi sehingga dapat berfungsi dalam melancarkan pencernaan. Sudah terbukti pula bahwa seseorang yang rutin mengkonsumsi genjer dapat terbebas dari resiko terkena kanker kolon dan sembelit (sulit buang air besar).
5.       Mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan kanker
Genjer memiliki kandungan polifonel yang berperan sebagai antioksidan sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker.
Ini adalah beberapa manfaat yang dihasilkan dari tanaman genjer bagi kesehatan tubuh kita. Jadi ternyata ada lagi kan tanaman hijau yang dapat kita manfaatkan bagi kesehatan. Memang melakukan pengobatan herbal itu jauh lebih aman dan tentu saja tidak memerlukan biaya yang besar.

Untuk anda yang tidak mau repot ke pasar? Kini Kami memberikan fasilitas pelayanan yang terbaik untuk mendukung Anda belanja online dengan aman, nyaman dan terpercaya. Cukup dengan kunjungi web resmi kami http://www.pasarinduk.id/ menyediakan bermacam-macam sayur mayur, buah-buahan, bumbu rempah, lauk pauk,dan sembako




Tidak ada komentar:

Posting Komentar