Sabtu, 23 Juli 2016

Nutrisi dan Manfaat Sayur Bayam



Bayam adalah jenis sayuran yang bisa diolah menjadi menu makanan salah satunya daun bayam biasa dimasak dengan cara dijadikan sayur bening. Namun sekarang ini olahan bayam semakin beraneka, bahkan ada yang membuatnya menjadi keripik. Selain rasanya yang enak dan banyak digemari, bayam mengandung nutrisi dan manfaat yang banyak. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram daun bayam adalah 2,3 gram protein; 3,2 gram karbohidrat; 3 gram besi dan 81 gram kalsium. Bayam juga kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral, yakni vitamin A, vitamin C, niasin, thiamin, fosfor, riboflavin, natrium, kalium dan magnesium.Kandungan nutrisi yang melimpah pada daun bayam menjadikannya sebagai sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, berikut akan kami jelaskan perihal apa saja manfaat bayam bagi kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Bayam Bagi Kesehatan
1. Baik untuk Diet

Jika Anda sedang berada dalam program diet, maka bayam merupakan sayuran yang perlu untuk Anda konsumsi. Bayam mengandung 20 persen serat makanan baik untuk membantu pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan gula darah rendah. 

2. Melawan Kanker

Dalam daun bayam terdapat kandungan flavonoid, yaitu sebuah phytonutrisi yang memiliki sifat anti-kanker. Sebuah studi menunjukkan bahwa flavonoid mampu mencegah terjadinya pembelahan sel kanker pada perut, kanker prostat dan sel kanker kulit. Kandungan flavonoid pada bayam juga terbukti menurunkan risiko kanker sebesar 34% terutama pada kanker payudara, kanker rahim.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi bayam dapat membantu mata agar terhindar dari katarak dan degenerasi makula. Hal ini berkat kandungan karotenoid, salah satu bentuk antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain baik untuk menjaga kesehatan mata, bayam juga mampu menjaga kesehatan tulang. Bayam mengandung vitamin K tinggi, dalam setengah cangkir saja sudah memenuhi kebutuhan vitamin K harian. Vitamin K ini sangat penting untuk mencegah pengeroposan tulang. Selain itu, masih ada mineral lainnya seperti magnesium, seng, tembaga dan fosfor juga membantu menguatkan tulang.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A yang tinggi pada bayam mampu menjaga kesehatan kulit dan menjaga kelembaban pada lapisan epidermis, mengatasi jerawat, prosiasis hingga keriput. http://www.pasarinduk.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar